Cika Lestari

Obat Herbal Alami Untuk Batu Ginjal

Obat Herbal Alami Untuk Batu Ginjal - Hallo sahabat frankytyrrell, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Obat Herbal Alami Untuk Batu Ginjal, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.
Terbentuknya batu ginjal terjadi karena penumpukan asam garam dan juga pengerakan mineral air dalam dalam ginjal. Terjadinya penumpukan dan pengerakan yang bererakhir pengerakan ini dapat menimbulkan sakit yang sangat luar biasa. Namun sebenarnya, batu ginjal bisa dihilangkan dan diobati dengan berbagai cara, diantara cara menghilangkan dan menyembuhkan batu ginjal yang banyak dilakukan adalah dengan menggunakan obat sesuai resep dokter dan juga obat herbal khusus untuk batu ginjal.


Penyebab Terjadinya Batu Ginjal


Limbah dan jenis kotoran dalam darah terkadang bisa saja berubah dan membentuk kristal-kristal keras dalam ginjal. Dengan semakin menumpuknya kristal-kristal ini dapat mengakibatkan benjolan seperti batu yang keras yang dapat memicu rasa sakit yang luar biasa.


Batu ginjal pada umumnya terjadi dan terbentuk didalam tubuh seseorang karena kurangnya cairan dalam tubuh, bisa saja kurang minum air putih. Selain itu, mengonsumsi beberapa jenis obat kimia juga bisa saja menjadi sumber pemicu terbentuknya batu ginjal.


Metode atau Cara Pengobatan Penyakit Batu Ginjal Yang Aman

Metode pengobatan batu ginjal yang paling aman dan tanpa memberikan efek samping adalah dengan menggunakan obat herbal alami, langkah ini yang paling banyak dilakukan oleh penderita batu ginjal. Dalam artikel kesehatan kali ini 1001 Manfaat Sehat Alami lebih fokus membahas jenis-jenis dan macam-macam obat herbal alami yang terbukti ampuh untuk mengobati sakit ginjal.


Batu ginjal yang memiliki ukuran relatif cukup kecil biasanya bisa dibuang melalui urine dan  kemungkinan dapat diobati di rumah tanpa operasi. Namun jika batu yang tertumbuk sudah terlalu besar, maka harus dihancurkan  dengan cara sinar-X, ultrasound, atau bahkan operasi di rumah sakit. Tapi sebenarnya selain pengobatan dilakukan secara medis, ada juga cara lain yang dilakukan, yaitu pengobatan alternatif atau dengan menggunakan herbal yang diduga dapat meluruhkan dan mengobati batu ginjal. Berikut adalah ulasa obat herbal yang bisa menyembuhkan batu ginjal secara alami seperti yang kami kutip dari beberapa sumber referensi kesehatan.


1. Mentimun


Dari hasil sebuah penelitian intensif terhadap ekstrak buah mentimun atau Cucumis sativus yang dilakukan pada tikus, ternyata hasil kesimpulan yang didapat adalah tanaman ini diduga dapat mempercepat proses pelarutan kristal yang ada pada ginjal. Jadi Mentimun sangat cocok untuk mengurangi pembentukan batu dan dapat digunakan sebagai pengobatan pencegahan.


2. Katumpangan uler atau rumput upas-upasan


Mengonsumsi tanaman Aerva lanata atau rumput upas-upas diduga dapat mengurangi enzim pensintesis  oksalat dan menghilangkan penanda deposisi kristal di ginjal, ini diperkuat berdasarkan sebuah penelitian terhadap tikus. Kesimpulan dari hasil penelitian ini bahwa tanaman rumput upas-upas dapat digunakan sebagai pengobatan batu di saluran kemih.


3. Daun sendok


Sebuah penelitian di Malaysia terhadap senyawa aktif terpenoid dari ekstrak daun sendok menyimpulkan bahwa senyawa ini bisa menghambat pembentukan dan memengaruhi ukuran kristal kalsium oksalat dalam tubuh. Jenis kristal ini biasa ditemukan sebagaipemicu batu ginjal.


Daun sendok atau Plantago major bahkan diyakini jauh lebih baik untuk menghambat pembentukan dan dapat memengaruhi ukuran kristal tersebut jika dibandingkan dengan zyloric dan kalium sitrat. Tapi penelitian lebih lanjut untuk efektivitas senyawa terpenoid dari ekstrak tanaman daun sendok pada penderita batu ginjal dan uji klinis langsung terhadap manusia masih perlu dilakukan.


4. Kumis kucing


Beberapa penelitian menunjukkan adanya bukti ilmiah baru dalam penggunaan daun kumis kucing untuk jenis pengobatan batu ginjal dan asam urat. Penyebab gangguan pemecahan asam urat juga bisa saja memicu terbentuknya batu ginjal. Tanaman yang memiliki nama latin Orthosiphon stamineus ini diduga mampu merangsang ginjal untuk mengeluarkan urine secara berlebihan, juga dapat mengereksi natrium dan ion lainnya untuk keluar dari tubuh memlalui urin. Pada percobaan kali ini baru dilakukan terhadap tikus, namun kumis kucing memberikan hasil positif mampu mengurangi kadar asam urat.


5. Meniran hijau


Dalam sebuah studi yang dilakukan di India menyebutkan bahwa, air ekstrak dari tanaman meniran hijau didiyakini mampu melarutkan butiran kristal batu ginjal hingga 56,8%( dalam tabung penelitian (in vitro)). Air ekstrak tanaman ini juga efesien untuk menghambat agregasi atau pembentukan kristal kalsium oksalat ginjal sebesar 53,09%.


6. Tanjung


Masih dari studi yang dilakukan di India, ekstrak alkohol yang dihasilkan tanaman tanjung atau Mimusops elengi menunjukkan bahwa tanakaman ini dapat menurunkan pembentukan batu ginjal secara masif dan signifikan dengan menurunkan kadar kreatinin, asam urat, dan ureum di dalam darah.


7. Saxifraga ligulata


Tanaman ini dilaporkan bisa membantu melarutkan batu ginjal dan sebagai antiseptik kemih. Dalam takaran yang kecil, ektrak tanaman ini dapat memberi efek diuretik ringan atau dapat  meningkatkan produksi urine.





Demikianlah Artikel Obat Herbal Alami Untuk Batu Ginjal

Sekianlah artikel Obat Herbal Alami Untuk Batu Ginjal kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Obat Herbal Alami Untuk Batu Ginjal dengan alamat link http://frankytyrrell.blogspot.com/2016/10/obat-herbal-alami-untuk-batu-ginjal.html

Cika Lestari

About Cika Lestari -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.